Uncategorized

Arti Golongan Darah Menurut Ilmu STIFIn

Dalam ilmu STIFIn golongan darah itu ternyata memberikan pengaruh terhadap kepribadian kita, simak artikel dibawah ini semoga bermanfaat 🙂

Di Jepang dan Korea serta beberapa Negara Asia timur lainya, golongan darah bukan hanya dianggap penting dalam khasanah medis. Dalam pergaulan sehari-hari, orang Jepang dan Korea kerap menanyakan golongan darah orang lain untuk mengetahui sifatnya. Di kedua Negara Asia Timur itu golongan darah tidak berbeda dengan astrologi di Negara lain. Kalau mau mereka-reka sifat seseorang mereka tidak akan bertanga “Eh bintang kamu apa sih???”, melainkan “ golongan darah kamu apa ya??” . Orang Jepang bisa kaget setengah mati kalau kamu menjawab bahwa kamu tidak tahu apa golongan darahmu.

Di Korea dan terutama di Jepang, Golongan darah (ketsueki-gata) banyak dikupas oleh majalah dan buku. Tahun 2008 lalu, 4 dari 10 buku paling laris di Jepang  membahas masalah Golongan darah dan hubunganya dengan kepribadian. Tokoh komik dan karakter Video game selalu dicocok-cocokan dengan golongan darah. Seleb yang sedang digemari pasti ditanya golongan darahnya oleh wartawan yang menginterviewnya. Mantan perdana mentri Jepang  Taro Aso pun mencantumkan golongan darahnya (yaitu A) di situsnya. Pemimpin kelompok Oposisi Ichiro Ozama bergolongan darah B.

Untuk kegunaan sehari-hari golongan darah juga berpengaruh besar. Berbagai barang dijual berdasarkan golongan darah, dari minuman ringan sampai permen karet. Perjodohan dan penerimaan pegawai tidak lepas dari campurtangan golongan darah, meski dianggap sebagai diskriminasi, manajeman masih saja menanyakan golongan darah para calon karyawannya. Pembagian kelas disekolah kerap ditentukan golongan darah para siswanya. Tim sofbol cewek  Jepang yang memenangkan  mendali emas di Olimpiade Bejing pun dipilih berdasarkan teory penggolongan darah agar seluruh tim bisa kompak. Sejarah teori keterkaitan antara golongan darah dengan kepribadian manusia tidak diketahui dengan pasti. Pada tahun 1900, ilmuan Australia Karl Landsteiner menemukan 4 golongan darah. Setelah penemuan itu beredarlah teori yang menggunakan golongandarah untuk memaksakan pemikiran mereka mengenai keunggulan ras tertentu dibandingkan ras-ras lainya. Ilmuan Nazi secara keliru  mengelompokan bangsa Asia sebagai mahluk inferior hanya kebanyakan orang Asia memiliki darah dengan golongan darah B yang mirip golongan darah hewan.

Pada tahun 1972, Takeji Furukawa, profesor Jepang, memperkenalkan sebuah teori pada masyarakat Jepang melalui makalahnya yang berjudul “The Study of Temprament Through Blood Type”. Walaupun makalahnya tidak didukung bukti-bukti ilmiah yang kuat karena hanya melibatkan 10-20 orang responden, masyarakat Jepang menyambutnya dengan antusias. Pemerintah jepang bahkan membiayai riset mengenai golongan darah agar bisa melahirkan serdadu yang tangguh. Nyatanya para prajurit yang “dikembangbiakan” berdasarkan golongan darah tewas. Teori ini kemudian lenyap dan dibangkitkan kembali pada tahun 1970-an oleh Masahiko Nomi, pengacara tanpa latar belakang medis. Putranya, Toshikata, sekarang sangat giat mempromosikan  teori golongan darah melalui grup pribadinya, Human Science ABO Center. Tapi tenang saja tidak semua orang Jepang percaya teori Golongan darah kok. Professor Satoru Kikuchi dari Universitas Shinshu mengatakan “ Teori golongan darah adalah ilmu yang menyesatkan. Ide yang diusungnya mendorong kita untuk menilai orang lain berdasarkan golongan darah tanpa berusaha memahaminya sebagai manusia!! Ini sama saja dengan Rasisme. Padahal golongan darah ditentukan oleh protein di dalam darah dan tidak ada kaitanya dengan kepribadian!!”
Meskipun tidak memiliki bukti ilmiah, teori ini mungkin perlu diketahui untuk sekedar pengetahuan.

Golongan Darah O:
Kamu yang bergolongan darah O pasti senang bergaul. Memang sih orang yang terlahir dengan golongan darah O kebanyakan ngetop dan pede. Kamu juga terkenal dengan kemampuan kreatif kamu. Nggak heran kalau kamu kerap menjadi pusat perhatian. Banyak orang terkesan dengan pembawaan kamu. Gimana enggak??? Penampilan kamu selalu menarik. Selain itu kamu juga teratur dan berpendirian teguh. Kombinasi 2 sifat itu sangat membantu kamu mencapai tujuan hidup yang kamu tetapkan. Kamu seorang pemimpin yang baik. Dalam bidang cinta, kamu paling serasi dengan golongan darah O atau AB. Pilihan karier paling umum : banker, politikus, pemuka agama, pialang saham, dan atlet professional.

Golongan Darah A :
Dilihat sekilas kamu yang bergolongan darah A terlihat tenang. Padahal dalam hati kamu merasa gelisah. Kamu adalah seorang perfecsionis dan acap kali pemalu dan sensitive.  Kebanyakan orang bergolongan darah A bersifat tertutup. Namun demikian kepribadian kamu stabil dan kamu bijaksana. Kamu adalah pendengar yang baik dan peka terhadap warna serta lingkungan sekitar. Sebisa kamu mengikuti trend an bergaya sesuai tren yang sedang berlaku tanpa terlihat norak. Kamu suka suasana romantic dan suka menjauhkan diri dari kenyataan. Percintaan kamu akan langgeng jika kamu memilih pacar bergolongan darah A atau AB. Pilihan karier paling umum : akuntan, staf perpustakaan, ahli ekonomi, penulis, programmer computer, dan kolumnis gossip.

Golongan darah B :
Umumnya orang yang bergolongan darah B punya target yang jelas dan sangat berambisi dalam mewujudkan targetnya itu. Dengan sifat kamu yang terbuka dan menarik, kamu pintar membaca sifat orang lain dan senang memberikan dukungan pada teman. Kendati suka bersikap kritis terhadap penampilan oranglain, kamu bukan pemilih dan hampir tidak pernah meributkan hal-hal sepele. Orang yang bergolongan darah B terkenal suka mengikuti dorongan hati dan suka menciptakan jalan hidupnya sendiri. Kamu sangat kuat dan optimis. Untuk masalah asmara paling cocok dengan golongan darah B atau AB. Pilihan karier paling umum : koki, piñata rambut, pemimpin militer, pemandu acara bincang-bincang, dan wartawan.

Golongan Darah AB :
Kamu yang bergolongan darah AB tidak heran jika mempunyai 2 sifat yang berlainan, mengingat kamu memiliki golongan darah A sekaligus B. kamu mungkin pemalu, tapi juga terbuka. Peragu sekaligus PD. Yang pasti kamu lebih menonjol daripada orang lain. Kamu membenci mengelompokan orang. Orang mengenal kamu sebagai pribadi yang baik dan santai. Kamu sangat logis dan teguh melakukan segala sesuatu dengan benar. Selain bisa diandalkan, kamu juga suka menolong. Seringkali kamu berbicara dengan serius. Kesabaran, konsentrasi, dan kecerdasan kamu sangat mengagumkan. Kamu bisa menemukan soulmate  di semua golongan darah.Pilihan karier paling umum : bartender, pengacara, guru, tenaga penjualan, dan  pekerja social.

Sumber : Yusuf Hidayat

One thought on “Arti Golongan Darah Menurut Ilmu STIFIn

Leave a comment